Sunday, April 11, 2010

Langkah Persib Semakin Berat






Ambisi untuk meraih tangga juara semakin berat, sejak kekalahan telak 3-0 dari PSPS Pekanbaru, Persib hanya mampu meraih 1 poin dari Persija. Dua kekalahan menyakitkan dari Persela dan Persijap semakin memperberat langkah Maung Bandung.

Dengan tidak bermaksud sok tahu, ketika bermain melawan Persela, sepertinya Persib bermain seperti orang yang "kabur pangacian," tidak lepas dan penuh beban. Begitu pun ketika melawan Persijap, bek sayap Gilang Angga tampak gagap, emosional di dua laga tersebut. rekan-rekan lainnya pun tampak tidak segarang di Jalak Harupat.

Selain faktor hilangnya beberapa pemain kunci seperti Hilton, Jaya bermain dengan formasi SOS, ini mengurangi daya gedor Persib yang dikenal padu dengan dua tombak Hilton-El Loco.

Namun, melihat fakta non tekniks, sepertinya para pemain terbebani oleh tuntutan meraih juara. Maka bagi saya selaku bobotoh, Manajer dan Pelatih harus realistis dalam memandang hal tersebut, jangan jadikan para pemain sebagai mesin produksi yang terus ditekan dan dibebani dengan target yang "nyaris tidak mungkin."

Lebih baik, kita mulai menyusun langkah untuk musim depan, agar setahap demi setahap langkah juara itu pasti. Tidak seperti musim ini, jeblok di awal musim, mulai bagus di pertengahan, anti klimaks di akhir-akhir musim. Ini wujud tidak sistematisnya perencanaan meraih tangga juara, melainkan semata sikap reaksioner dan ambisi. Disebut ambisi ketika langkah dilakukan tanpa perencanaan yang matang.

Semoga Persib tetap menjadi yang terbaik, kini, esok dan selamanya.

No comments:

Post a Comment